Jadi setiapa aku sekolah ada hafalan, terus pas setor hafalan aku gak hafal terus aku selalu di hukum sama guru aku. kaya dipusap, skotjam dan lain-lain. Gak main-main sekali menghukumnya bebarapa ratus kali nyuruhnya. Jadi sejak itu saya males sekolah. Enaknya main layang-layang. Jadi kalau guru saya nanya “…….” (menyebut nama) teman-teman aku jawab “lagi ngajar” maksudnya lagi ngajar layang-layang (main). Dikira udah pinter dan jadi guru udah bisa ngajar, barangmah lagi main layang-layang.
Jadi aku malas sekolah dan memilih ngajar layang-layang karena itu. Dulu aku terima saja karena meamang aku bodoh, aku tak hafal bila ada hafalan. Tapi bagaimana mungkin aku bisa menghafal, membaca saja belum bisa dan belum lancar. Baru sekarang ini aku ingat, dan aku mengerti. Kenapa jika ada anak murid yang kurang mengerti dan tidak bisa membaca malah dihukum. Bukan diajarin atau dididik supaya bisa dan pinter, mampu menerima materi, mampu menghafal dengan baik. Bukan dengan cara menghukum. Daripada aku tiap hari dihukum lebih baik aku nikmatin kebebasan main layang-layang. Bikin hidup tenang hehe. walaupun aku salah sudah malas sekolah. Jadi jangan salahkan anak atau murid bila tak ingin sekolah, atau malas sekolah. Bisa jadi faktornya karena yang dulu pernah aku alami ini. Menghukum siswa itu bukan perihal yang bijak. Karena tetap saja mau berapa ratus kali suruh pusap. skotjam dan hukuman lainnya tak akan membuat anak menjadi pintar. Kecuali anak itu di ajarin dan dididik dengan baik, sampai akhirnya bisa dan memahami yang seharusnya.
